Oleh: hanstt | April 26, 2017

Tahun Kedua Bersama Asean Astronomy Camp 2017 di Chiang Mai Thailand


IMG_9063Merupakan suatu kehormatan bagi sekolah, terutama pelajar se-ASEAN dapat bergabung dan mengikuti kegiatan ini. Adalah impian bagi mereka untuk dapat melihat, berinteraksi dengan alat-alat Astronomi yang terdapt di Lembaga Astronomi Thailand.

Selain merasakan langsung dampak positifnya, kepada peserta juga disuguhkan dengan kegiatan menarik lainnya, seperti Games Astronomi, membuat alat (hand made) sextant untuk pengamatan tinggi bintang, percobaan pembuatan Komet, serta pengamatan Bintang dengan menggunakan Teleskop yang “Canggih” yang sebagian peserta merasakan bahwa di negara mereka tidak bisa se-leluasa itu menggunakan alat tersebut.

Beberapa kegiatan yang disamping menuntut pelajar tersebut disiplin waktu, juga menuntut kerjasama yang baik dengan anggota kelompoknya. Hal ini dirasakan sangat besar manfaatnya, karena setiap anggota kelompok berasal dari negara yang berbeda, apalagi dengan keterbatan bahasa (setiap negara ASEAN memiliki keunikan berbahasa Inggris). Sehingga memerlukan daya imajinasi yang “tinggi” agar bisa memahami apa yang disampaikan peserta selama kegiatan.

Beberapa agenda kegiatan, masih sama dengan bentuk kegiatan sebelumnya (tahun 2016), tetapi karena semua perserta adalah mereka yang belum pernah mengikuti kegiatan ini sebelumnya, sehingga tetap saja sangat menarik bagi peserta, tak terkecuali Pendamping dari negara peserta. Walaupun tahun sebelumnya (admin) telah mengikuti kegiatan yang sama, akan tetapi nuansa baru selalu dapat dirasakan, karena beberapa materi diberikan dengan suasana yang berbeda, dan desain waktu untuk melakukan kunjungan ke tempat-tempat yang penting, sudah diperbaiki oleh panitia lokal,. Hal ini mereka lakukan berdasarkan masukan dari peserta dalam kegiatan yang sama pada tahun sebelumnya.

Besar harapannya, tahun berikutnya 2018, Tim Astronomi Titian Teras (ANTARES) masih bisa berkontribusi dalam kegiatan ini, karena dapat memberikan energi positif dalam mengembangkan kegiatan ke-Astronomi-an di sesekolah. (late post)


Tinggalkan komentar

Kategori