Oleh: hanstt | Mei 21, 2014

Bimbingan Teknis Pembina Olimpiade Mata Pelajaran Tingkat Nasional 2014


imagesSaat ini, warga dunia sedang mengalami perubahan dalam berbagai hal, terutama perkembangan teknologi informasi, yang seiring dengan perubahan tersebut menimbulkan perubahan yang mesti ditindaklanjuti dalam dunia pendidikan. Dan tidak ada kata pasrah menjalaninya, apalagi mundur dari pertarungan kemajuan tersebut.

Perubahan dan perkembangan itu, menuntut guru berinovasi dan merubah cara pandang dalam menunaikan tugasnya sebagai pendidik, karena sangat bisa jadi informasi yang akan disampaikan oleh guru dikelas, telah lebih dahulu dipelajari dan diketahui oleh siswa. Dengan demikian menuntut kita para guru untuk terus mengikuti perkembangan dan perubahan itu, atau kita akan tertinggal jauh oleh perubahan itu tanpa mengenal kita siap atau tidak siap menjalaninya.

Menyikapi hal yang demikian, Direktorat Pembinaan PTK Dikmen Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan, kembali melakukan Pembinaan guru melalui kegiatan Bimbingan Teknis Guru Pembina Olimpiade Mata Pelajaran Tahun 2014, yang diikuti oleh 8 cabang Olimpiade, yaitu: Astronomi, Ekonomi, Kebumian, Geografi, Matematika, Fisika, Kimia, dan Komputer. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 20 –  23 Mei 2014 di Hotel Jayakarta Jl. Hayam Wuruk No. 126 Jakarta.

Khusus Biologi, bukan berarti tidak diikutkan dalam rombongan Bimbingan pada saat ini, akan tetapi karena pada waktu yang bersamaan dengan Bimbingan Teknis Pembina Olimpiade, juga dilakukan Bimbingan Teknis Pembina Penelitian ilmiah (Olimpiade Penelitian) yang sebagian besar di ikuti oleh guru mata pelajaran Biologi.

cropped-headAdapun Materi Bimbingan untuk bidang Astronomi yang digawangi oleh: Pak Dr. Hakim L Malasan, Dr. rer.nat M. Ikbal Arifyanto, Dr. Chatief Kunjaya, dan Rhorom Priyatikanto, M.Si sebagai berikut:

a. Astronomi dan Astrofisika, Fenomena Geosentris, Kinematika Gerak Melingkar, Hukum Kepller, Hukum Gravitasi Newton, Besaran Pokok dalam Astronomi, Dasar Radiasi Elektromagnetik, Orbit Benda Langit (disampaikan oleh Dr. Chatief Kunjaya)

b. Koordinat Horison dan Equatorial, Pengenalan Stellarium, Komponen Tata Surya, Teori Pembentukan Tata Surya, Statistika dalm Astronomi, Pengolahan Data Astronomi (disampaikan Dr. rer.nat M. Ikbal Arifyanto)

c. Terang Bintang dan Sistem Fotometri,Spektrum Bintang, Matahari, Besaran Fisis Bintang, Diagram HR dan Evolusi Bintang, Sistem Bintang, Teropong Bintang, Sistem Pengamatan Astronomi, Praktik (disampaikan Dr. Hakim L Malasan)

d. Galaksi dan Kosmologi Dasar (oleh Rhorom Priyatikanto, M.Si)

Besar harapan dari peserta, terutama P2TK Dikmen, bahwa ini memberi dampak pengiring yang sangat besar bagi guru sebagai ujung tombak Pembinaan Siswa di sekolah masing-masing di tempat tugasnya. Sehingga nantinya kedepan mampu menghasilkan siswa-siswa terbaik yang mengharumkan nama bangsa pada ajang Internasional. Dan tugas kita semua untuk menanamkan semangat kepada siswa, bahwa kita adalah bangsa yang hebat dan sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Berikut lampiran photo kegiatan Astronomi silahkan ambil di sini: Photo 1, Photo 2

 


Responses

  1. Terima kasih fotonya bang😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: