Oleh: hanstt | November 24, 2011

Magang di SMAN 5 Denpasar Bali


Dalam rangka menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi professional guru, Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, melalui Bidang Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, menyelanggarakan kegiatan Magang Guru MIPA dan Bahasa SMA, SMP RSBI se-Provinsi Jambi. Kegiatan ini diawali dengan pelepasan oleh Kadis. Pendidikan Provinsi Jambi, Drs. H. Idham Kholid, ME. Dalam sambutannya, Kadis mengharapkan agar kegiatan ini nantinya benar-benar dapat di implementasikan di sekolah masing-masing.

Dalam pengarahan berikutnya, Bapak Drs. H. Sujarwadi, M.Si menegaskan, bahwa hasil yang diharapkan nanti selama Magang di SMP, dan SMA yang ditunjuk (SMPN 3 Denpasar, dan SMAN 5 Denpasar) setiap guru mata pelajaran, mampu menggali sebanyak-banyaknya informasi kemajuan dan pembaharuan yang dilakukan oleh guru SMPN 3 Denpasar, dan SMAN 5 Denpasar Bali.

Setelah mendapatkan pengarahan dari Kadis, serta pendamping lapangan, rombongan Magang guru SMP, dan SMA RSBI, menuju bandara Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi. Setelah menunggu beberapa saat, semua menuju ruang tunggu bandara, dan siap diberangkatkan dengan maskapai penerbangan Lion Air menuju bandara Soetta.

Selama menunggu jadwal penerbangan menuju bandara Ngurah Rai, Denpasar Bali, semua peserta disibukkan dengan bahan-bahan dan memikirkan apa yang akan dilakukan selama kegiatan Magang. Dan yang lebih mengkhawatirkan adalah ada anggota rombongan yang tidak mendapat Seet dengan pesawat yang sama, apalagi 3 orang anggota tersebut adalah ibuk-ibuk. Sehingga diputuskan tim pertama yang sampai di Bandara Ngurah Rai, harus menunggu tim kedua. Dan yang lebih mengecewakan lagi adalah 6 barang bawaan anggota Magang harus jalan-jalan terlebih dahulu ke Makassar, sehingga pada hari pertama kegiatan Magang, beberapa teman-teman peserta Magang terpaksa menggunakan seragam anggota yang lain (lucu dan seru).

Pada hari pertama kegiatan, pada masing-masing sekolah dilaksanakan upacara penyambutan, dan dilanjutkan dengan kegiatan Observasi lapangan. Baru pada keesokan harinya, melakukan kegiatan kunjungan kelas, dan Obsevasi lanjutan ke Laboratorium.

Pada hari ketiga, terpaksa libur, dikarenakan pada tanggal 19 November, bertepatan dengan Hari Saraswati (Dewi Pendidikan) sehingga semua aktivitas pembelajaran ditiadakan. Kekosongan ini dimanfaatkan bagi semua peserta Magang, melaksanakan kegiatan Wisata Edukasi, dengan mengunjungi tempat-tempat yang sangat penting bagi dunia pendidikan, antara lain kawasan Candi Kuno di Mengwi, Denpasar.

Pada hari berikutnya, sesuai dengan program yang telah direncanakan, semua peserta magang, khususnya guru-guru SMA, mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas masing-masing. Dan kegiatan ini dimanfaatkan sebesar-besarnya menggali informasi tentang sistem dan cara belajar siswa SMAN 5 Denpasar Bali,. Satu hal yang bisa dirasakan langsung oleh guru peserta Magang, keramahan semua siswa, guru, karyawan, serta semua yang ditemui di SMAN 5 Denpasar Bali. Dan ini jarang dan hampir sulit ditemukan di daerah kita.

Dan yang patut menjadi teladan bagi kita adalah SMAN 5 Denpasar Bali, merupakan Sekolah Adiwiyata Mandiri, karena selama 4 tahun berturut-turut menjadi Juara Adiwiyata Nasional. Sehingga pantaslah siswanya bias menikmati belajar dengan serius dan Fun, karena suasana lingkungan belajar yang rindang dan asri, tidak seperti di tempat kita, yang gersang dan terkesan tidak terawat, apalagi tidak ada satupun sampah yang terlihat dilingkungan sekolah. Semua sudah terorganisir dengan baik oleh sekolah, dan yang menjadi kunci keberhasilannya adalah kepedulian semua warga sekolah. Apalagi tidak ada satupun Majlis Guru dan Karyawan serta siswa yang MEROKOK di lingkungan sekolah. Sekolah kita….??? Perlu belajar lebih banyak lagi (bersambung, dah mulai ngantuk,,,)


Responses

  1. Wah hrus bnyk mencontoh, apalgi si perokok tuh pak


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: