Oleh: hanstt | Oktober 9, 2014

Medali dari Mataram


imagesAwalnya, saat menyusun proposal pembinaan lanjutan untuk anak-anak yang lolos OSN 2014 di Kota Mataram, pihak sekolah meminta dalam proposal tersebut dimuat target yang dicapai dan diraih dari pelaksanaan pembinaan tersebut. Entah itu sebagai pertanda atau hanya sekedar menuliskan di dalam proposal, lalu saya menyanggupinya dengan menuliskan target capaian tim Pembina Olimpiade SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti pada tahun 2014 di Mataram adalah 1 perak dan 1 perunggu. Bukan tidak berani menulis emas, hanya saja nanti membuat siswa terbebani karenanya.

Namun benar, seperti yang ditulis dalam buku: Medali Untuk Bangsa, yang ditulis oleh pak Suharlan, Bahwa target tertinggiIMG_4809 yang kita buat menuntut pengorbanan yang tidak sedikit,,, walau awalnya hati ini sedikit gusar, karena kesiapan anak-anak, secara materi mungkin tidak kalah jauh dari teman-temannya di pulau Jawa, tetapi mental selalu menjadi kendala. Menanamkan mental juara hanya mudah diucapkan, tetapi susah diterapkan, karena anak-anak perlu pendamping yang spesial. Itupun sudah dicoba, walau itu belum maksimal.

IMG_5117Dan ini menjadi pelajaran berharga untuk pembinaan tim Olimpiade di sekolah ini kedepan. Penjaringan bibit baru yang potensial adalah suatu keharusan, jangan lagi mengatakan biarlah mereka terseleksi secara alami. Itu hal yang tidak mungkin, karena kita terus berpacu dengan waktu, lengah saja barang sedikit, maka kita akan tertinggal jauh. Itulah mungkin filosofi yang tepat dalam menyiapkan anak-anak dalam ajang Olimpiade. Apalagi kedepan persaingan semakin ketat. Dan setiap sekolah, pasti akan mempersiapkan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Namun mengambil hikmah dan pelajaran dari Tim OSN SMAN Titian Teras HAS di Mataram dengan mempersembahkan 1IMG_5130IMG_5563 medali perak (dari cabang Kebumian) dan 1 medali perunggu (dari cabang Astronomi) adalah sebuah keniscayaan. Buat semua rekan-rekan, mari kita bersama bahu membahu, bergerak bersama (sesuai motto sekolah kita: SERENTAK BAK REGAM) menjadi penyemangat dalam menunaikan tugas membina, mendampingi anak-anak ayang tahun depan akan berlaga menjadi yang terbaik mewakili Provinsi Jambi pada perhelatan OSN 2015 di Kota Yogyakarta. Semoga….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: