Oleh: hanstt | Oktober 8, 2013

MGMP Fisika Muaro Jambi 2013


CIMG2160Sebagai tindak lanjut dari Kegiatan Diklat Fasilitator Guru Inti Dukungan Bimbingan Belajar SMA, maka semua kab/kota sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan dalam rencana tindak (Action Plan) melaksanakan kegiatan MKGMP sesuai bidang mata pelajaran masing-masing. Khusus kegiatan MKGMP Fisika Muaro Jambi, pada dasarnya bukan kegiatan pertama, karena beberapa tahun terakhir telah dengan rutin setiap bulannya melaksanakan kegiatan MGMP. Sehingga kegiatan yang digawangi oleh Dinas Pendidikan Provinsi melalui Tim Fasilitator Dinas Pendidikan Provinsi, seperti “mambangkik Batang Tarandam”. Artinya kegiatan ini memberi semangat baru bagi komunitas guru Fisika Muaro Jambi untuk kembali melaksanakan kegiatan-kegiatan “Berbagi” dalam rangka perbaikan sistem pembelajaran di sekolah (Senin, 30 September 2013).

Harapan yang sangat tinggi atas kegiatan ini, dibuktikan dengan kehadiran dan komitmen rekan-rekan guru dalam mengikuti kegiatanCIMG2168 tersebut. Beberapa agenda yang telah dirancang, pelan tapi pasti telah berhasil dilaksanakan. Penyusunan agenda pertemuan serta target pencapaiannya telah disusun bersama, kegiatan tindak lanjut dengan melakukan bedah SKL UN, berdasarkan analisis dan didapatkan kesimpulan sementara, bahwa banyak materi yang sama dengan soal yang sama muncul pada tahun-tahun berikutnya. Dan ini menjadi catatan penting bagi guru dalam menelaah kisi-kisi UN.

Pada kegiatan bedah SKL, telah berhasil menyelesaikan program penyusunan Kisi-kisi soal serta penyusunan butir soal, sesuai dengan kelompok yang di bagi dengan cara di undi, agar tiap kelompok Kompetensi bertanggung jawab atas tugas yang diemban (senin, 7 Oktober 2013).

Setelah kegiatan bedah SKL, juga dilanjutkan dengan kegiatan penyusunan RPP yang akan digunakan pada kegiatan “Real Teaching” di SMAN 6 Muaro Jambi, tepatnya Mudung Darat Kecamatan Maro Sebo, dilakasanakan pada hari Kamis, tanggal 17 Oktober 2013.

CIMG2170Setelah kegiatan real teaching, dilanjutkan dengan review pelaksanaan kegiatan real teaching, kegiatan ini dimaksud dalam rangka memberikan masukan dan perbaikan, bukan kegiatan mencari-cari kesalahan rekan guru dalam melaksanakan tugas, tetapi lebih pada penguatan atas temuan selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

Harapan yang sangat besar dari peserta, semoga kegiatan ini berlanjut sekalipun nantinya, tidak ada lagi support dana dari dinas instansi terkait, seperti selama ini telah dilaksanakan oleh tim MGMP Fisika Muaro Jambi. Semoga…..!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: