Oleh: hanstt | September 17, 2013

Berbenah untuk Keberhasilan Adiwiyata


adiwiyataKata ADIWIYATA berasal dari 2 (dua) Kata “ADI” dan “WIYATA”. Adi memiliki makna: besar, agung, baik, ideal dan sem purna. Wiyata memiliki makna: tempat dimana seorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Jika secara keseluruhan ADIWIYATA mempunyai pengertian  atau makna: tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh secara ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita menuju keada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

 Program Adiwiyata adalah : salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapakan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Tujuan Program Adiwiyata adalah : menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian  hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Program Adiwiyata harus berdasarkan norma-norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian  Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.

Prinsi Program Adiwiyata:

  1. Partisipataif: Komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggung Jawab.
  2. Berkelanjutan: Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif.

Keuntungan yang di peroleh sekolah mengikuti program Adiwiyata:

  1. Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah dan penggunaan berbagai sumber daya .
  2. Meningkatkan penghematan sumber daya dan energi
  3. Meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah.
  4. Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah
  5. Meningkatkan upaya menghindari berbagai resiko dampak lingkungan negatif dimasa yang akan datang.
  6. Menjadi tepat pemebelajaran bagi generasi muda tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar.
  7. Mendapatkan program Adiwiyata.

Untuk menjadikan sekolah yang Peduli dan berbudaya Lingkungan maka diperlukan beberapa kebijakan sekolah yang mendukung dilaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan hidup oleh semua warga sekolah sesuai dengan prinsip dasar program Adiwiyata yaitu partisipatif dan berkelanjutan. Pengembangan kebijakan sekolah yang diperlukan untuk meujutkan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan tersebut adalah:

  • Visi dan Misi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan
  • Kebijakan sekolah dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup
  • Kebijakan peningkatan SDM (tenaga pendidikan dan non pendidikan) dibidang pendidikan lingkungan hidup.
  • Kebijakan sekolah dalam upaya penghematan sumber daya alam
  • Kebijakan sekolah yang mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.
  • Kebijakan sekolah untuk mengalokasikan dan penggunaan dana bagi kegiatan yang terkait dengan masalah lingkungan hidup.

Berdasarkan sumber-sumber yang penulis kutip di atas, maka dalam rangka menggapai cita dan asa, mewujudkan sekolah yang peduli dengan lingkungan, atau mungkin tepatnya menjadi sekolah yang berwawasan lingkungan, maka upaya untuk menyadarkan semua pihak di sekolah dirasa menjadi hal yang mutlak dan segera dilaksanakan. Melalui koordinator lapangan, ibu Agustin Winarni, dengan segenap panitia sekolah, memulai kembali lembaran demi lembaran yang telah direncanakan menjadi kerja nyata.

Bersama siswa, bahu membahu “Menghijaukan” sekolah yang sebenarnya sudah hijau. Akan tetapi belum dimaksimalkan untuk dapat dinikmati oleh siswa serta semua elemen sekolah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kegiatan keseharian siswa. Taman yang indah harus dapat dinikmati oleh siswa pada saat belajar, taman yang indah harus dapat dinikmati oleh guru, karyawan, serta semua yang peduli dengan sekolah ini.

Pada esensinya, sekolah Adiwiyata, memberikan penyadaran terutama kepada siswa, bahwa mencintai lingkungan mampu memberi efek belajar yang luar biasa. Mencintai lingkungan, dengan memaksimalkan peran siswa, menjadikan mereka sebagai ujung tombak pelestari lingkungan di masa mendatang. Karena pada dasarnya merekalah nantinya yang akan senantiasa melanjutkan, serta melestarikannya. Sehingga titik berat dari kegiatan Adiwiyata adalah murni kepedulian siswa, bukan karena petugas kebersihan yang dipekerjakan oleh lembaga (sekolah).

Akan tetapi merubah pola dan laku siswa dari kebiasaan lama (terbiasa membuang sampah sembarangan, tidak terbiasa hidup dengan pola bersih) bukanlah pekerjaan mudah. Apalagi keseharian siswa, lebih dominan masa bodoh dengan lingkungan sekitarnya, adalah tugas yang sangat berat, akan tetapi itu semua akan bisa dikerjakan, apabila semua pihak mau dan dengan kerelaan melakukannya.

Sementara penghuni asrama (asrama siswa/siswi) juga demikian halnya dengan Penghuni Rumah Dinas Guru, harus sejalan dengan program itu, misalnya dengan memelihara keindahan dan kerindangan taman. Jika semua pihak terus bergerak bersama-sama, mendukung program Adiwiyata, Insya Allah kedepan pasti akan terwujud cita-cita luhur menjadikan sekolah ini menjadi sekolah yang peduli lingkungan, memelihara lingkungan, serta tumbuh semangat untuk tetap memelihara lingkungannya. Terlepas nantinya sekolah ini menjadi juara atau bukan. Tapi keberhasilan itu mesti diukur juga dengan tingkat keberhasilan dalam menanamkan nilai-nilai kecintaan siswa dalam melestarikan lingkungan.

Semoga saja semuanya berjalan sesuai dengan harapan. Jaya selalu Titian Teras….. !!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: