Oleh: hanstt | Agustus 21, 2013

Pembekalan Guru Inti Dukungan Pembinaan Bimbingan Belajar Siswa SMA


tutwurihdyniDalam dua dekade terakhir, daya saing bangsa Indonesia cenderung menurun. Ini tampak dalam laporan UNDP yang termuat dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Untuk itu perlu upaya secara nasional meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas SDM adalah terwujudnya pendidikan yang berkualitas. Pendidikan berkualitas menjadi katalisator bagi peningkatan IPM mengingat ia menjadi faktor pendongkrakaspek lainnya, kesehatan dan kemampuan berpencaharian.

Pendidikan nasional berkualitas, salah satunya dapat dilihat dari keluaran (output) yang bermutu, yakni dapat dilihat dari lulusan bermutu yang diakui di tingkat nasional, regional atau internasional. Dalam konteks ini, pendidikan nasional dengan lulusan bermutu merupakan keharusan. Sebab tanpa menghasilkan lulusan, program pendidikan bukan dipandang sebagai investasi SDM yang dapat meningkatkan daya saing bangsa, melainkan dipandang sebagai pemborosan dilihat dari segi biaya, tenaga, dan waktu.

Komitmen Pemerintah Provinsi Jambi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa telah dilaksanakan dengan mengeluarkan berbagai kebijakan. Hal paling esensial dari komitmen tersebut adalah peningkatan mutu pendidikan, melalui peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) yang akhirnya diharapkan pada terjadinya peningkatan mutu lulusan. Karena proses belajar mengajar yang berkualitas akan muncul dari guru yang berkualitas, sehingga dapat menghasilkan anak didik yang berkualitas pula.

1229964_623365334353295_1843677835_nOleh karena itu, Dinas Pendidikan Provinsi Jambi menyelenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Guru Membimbing Siswa SMA dalam Mata Pelajaran Ujian Nasional. Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini, guru lebih ahli dalam membimbing siswa sehingga mereka mampu menumbuhkembangkan semangat berprestasi, meningkatkan kompetensi siswa, mendorong keberanian kompetisi akademik secara sehat, meningkatkan pencapaian Ujian Nasional Provinsi Jambi di Tingkat Nasional, serta meningkatkan persentase siswa yang lolos seleksi ke Perguruan Tinggi Negeri.

Dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan, besar harapan dari peserta, terutama panitia penyelenggara, agar semua yang telah direncanakan, menjadi kenyataan, dan secara nyata dapat dilaksanakan di sekolah masing-masing, serta dapat mengimbas ke sekolah-sekolah lain di kab/kota masing-masing. (sumber Panduan Pelatihan)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: