Oleh: hanstt | Juni 24, 2013

Training Course Earth and Space SEAMEO QITEP Science 2013


seameoqitepTerhitung sejak tanggal 20 Juni 2013, satu persatu mulai berdatangan ke P4TKIPA Bandung, terutama peserta dari Luar Indonesia, misalnya Malaysia, Thailand, Filiphina, Brunai Darussalam, Cambodia, Myanmar, Lao PDR, dan Vietnam. Khusus peserta dari Indonesia, perlahan tapi pasti datang pada hari berikutnya di Hotel Takashimaya Lembang Bandung.

Setelah semua peserta berada di Hotel Takashimaya, malamnya dilanjutkan dengan pengarahan dan materi pertama yang disampaikan langsung oleh Direktur QITEP Science, Prof. Ismunandar dengan Materi: The Importance of Earth and Space Science for Sustuinable Development.

Kegiatan ini pada dasarnya memberikan pengetahuan baru kepada semua guru-guru di ASEAN, bahwa menjaga lingkungan, bumi dari kerusakan adalah sesuatu yang sangat mendesak. karena sudah banyak sekali kerusakan yang disebabkan oleh ulah tangan jahil manusia, yang mengambil keuntungan sesaat, tetapi merugikan semua makhluk hidup untuk kehidupan masa yang akan datang yang lebih baik.

DSC_0811Pada hari berikutnya, materi disampaikan oleh ibu Lili Indarti, M.Hum (Earth and Space Curriculum in SEAMEO Member Countries), yang menjelaskan kurikulum masing-masing negara peserta SEAMEO, berkaitan dengan topik, materi yang terdapat dalam kurikulum, untuk dalam rangka memberikan pengetahuan kepada siswa, untuk turut menjadi motor penggerak pecinta lingkungan, dan membantu menyelamatkan lingkungan. Setelah diskusi kelompok dilakukan, materi berikutnya disampaikan oleh bapak Dr. Irwan Meliano (Shapes of The Earth). Dan malamnya dengan Materi Earth and Space Science Learning in Indonesia.

Pada hari Minggu, semua aktivitas diliburkan, disamping panitia sedang mengikuti PemiluKada Kota bandung, juga memberikanDSC_0668 kesempatan kepada semua peserta melihat semua objek wisata Jawa Barat, dan memberikan penjelasan bagaimana jika semua dampak negatif yang dilakukan manusia terhadap kerusakan lingkungan sangat dirasakan oleh semua orang, dan merugikan bagi kelangsungan kehidupan yang lebih baik masa depan.

DSC_1004Pada hari Senin, kegiatan dilanjutkan dengan materi Disaster Risk management bersama bapak Kandi, MA. Beliau menguraikan secara rinci manfaat dari pengetahuan DRR. Setelah sesi ini, dilanjutkan materi Observation of Earth ans Space Phenomenon di Museum Geologi Bandung. Setelah itu di lanjutkan ke Observatorium Bosscha. Dan kegiatan ini berlangsung sampai malam, agar peserta dapat ikut serta mengamati bintang dan benda angkasa lainnya.

Pada hari Selasa, materi dilanjutkan oleh Prof Carl Wenning dari USA, Prof bidang Astronomi dan Astrofisika. akan menjelaskan materi Laboratory-Based Space Science Workshop selama 24 jam tatap muka (lebih kurang selama 3 hari). Setelah materi dengan Prof Carl Wenning, dilanjutkan dengan materi Space Weather oleh Dr. Dhani Herdiwijaya,

Jum’at pagi dilanjutkan kembali bersama bapak Kandi, MA dengan materi Hands-on Activities on Earth Science, setelah shalat Jumat, dilanjutkan dengan materi Cultural Exchanges and Sharing among SEAMEO Contries, kegiatan ini dalam rangka keakraban antar peserta, dengan menampilkan atraksi budaya daerah masing-masing, serta menggunakan pakaian daerah masing-masing daerah dan masing-masing negara, tukar menukar cendera mata, makanan khas daerah, dan lain-lain.

Pada hari sabtu, dilanjutkan dengan kegiatan Cultural Heritage and Cultural Performance dengan kunjungan ke Saung Angklung Udjo.

Dari semua rentetan kegiatan di atas, ada sangat banyak pengalaman dan pengetahuan yang bisa didapatkan, dan nantinya benar-benar bisa diterapkan di sekolah masing-masing. Karena kesadaran akan menjaga lingkungan, adalah tugas dan tanggungjawab kita bersama, demi kelansungan generasi kedepan yang lebih baik. Semoga….!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: