Oleh: hanstt | Februari 11, 2013

Expo SMAN Titian Teras HAS


toba-2Ada yang baru dalam kegiatan Expo SMAN Titian Teras HAS tahun ini, dengan mengusung tema kebudayaan nusantara (Love Indonesia). Setiap kelas mendapatkan tema sesuai dengan Provinsi yang ada di Nusantara. Mulai dari Nanggroe Aceh Darussalam sampai provinsi termuda Indonesia. Paling tidak ini secara langsung mengenalkan kepada siswa, bahwa begitu beragamnya kebudayaan negeri ini. Setiap kelas mesti mengetahui karakteristik Provinsi tersebut, mulai dari kebudayaan, bahasa, makanan khas (makanan tradisional yang sudah meng-Indonesia dan mendunia). Khusus siswa yang menjadi tanggung jawab admin, kelas X3 mendapat kesempatan mempromosikan Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan ini meliputi semua mata lomba, nuansa stand Bazar (sabtu, 16 Februari 2013), Makanan khas, serta tema lomba Mading tiap kelas harus sesuai dengan karakteristik provinsi yang menjadi pilihan kelas (setelah diundi oleh panitia).

Pada dasarnya, ini merupakan sebagian kecil upaya untuk menanamkan nilai cinta tanah air dan menanamkan cinta budaya Nusantara yang sarat dengan nilai-nilai positif yang menjadi karakter bangsa, yang sudah mulai terkikis oleh gempuran budaya barat, yang sudah sangat parah meracuni siswa-siswa kita. Karena “Maju” tidak identik sama dengan apa yang dilakukan oleh “Barat”.

Kegiatan Expo ini, disamping tujuan di atas, juga merupakan menanamkan nilai tanggung jawab kepada setiap siswa, atas apa yang menjadi pekerjaannya yang telah dibebankan oleh panitia. Khusus setiap siswa di kelas, mereka akan mendapatkan ilmu baru dalam memanage sebuah efent, mendesain stand bazar agar menjadi menarik, serta menanamkan jiwa enterpreneur. Bahwa mendapatkan uang, tidak mesti harus diawali dengan mengeluarkan “Uang”. Padahal siswa bisa diajarkan cara mengelola “Uang” yang dititipkan oleh orang lain (Pihak ketiga). Dan siswa mendapatkan keuntungan dari kegiatan yang mereka kelola, sesuai dengan perjanjian dengan “Pihak ketiga”.

Kebudayaan Sumatera Utara “BATAK” yang akan ditampilkan oleh siswa kelas X3 nantinya, mulai dari tema MADING, dan Stand Bazar, adalah makanan khas Medan, antara lain: Bika Ambon, Soto Medan, Tusuk Daging Medan, serta mengenalkan atribut budaya medan (semua yang diambil adalah  produk makanan halal khas Medan).

Semoga kegiatan ini memberi kesan yang sangat berarti kepada semua siswa, terutama panitia pelaksana. Bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan mulia, yang mesti dijalankan, serta upaya menanamkan nilai dan mengingatkan kembali kepada siswa, bahwa ada banyak nilai-nilai luhur budaya bangsa, yang dapat menyelamatkan bangsa ini dari keterpurukan dan menyelamatkan anak bangsa dari gempuran nilai dan budaya barat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: