Oleh: hanstt | Oktober 15, 2012

Tiba di Moskow, Ini Kesan Mahasiswa Indonesia Peraih Beasiswa di Rusia


Saat ini, Moskow tengah memasuki musim dingin. Suhu udara di bawah 10 derajat Celsius menyambut kedatangan 15 mahasiswa baru di Bandara Internasional Domodedovo, Moskow, Jumat (11/10/2012).

“Dingin sekali, tidak seperti di Jakarta,” ujar Herru Anggiantama, salah seorang mahasiswa baru yang akan mengambil program S-1 untuk Jurusan Minyak dan Gas di Universitas Teknik Negeri Astrakhan, sekitar 1.350 km ke arah selatan Moskow.

Herru yang merupakan lulusan SMA Titian Teras Jambi ini mengatakan setibanya di Rusia, ia ingin cepat bisa berbahasa Rusia agar dapat berkomunikasi dengan orang setempat. Melihat jumlah mahasiswa Indonesia di Rusia yang masih sedikit, dia berharap akan terdapat peningkatan lagi di masa datang.

“Semoga jumlah mahasiswa kita di Rusia tidak dalam hitungan ratus lagi, tetapi ke depannya sudah dalam hitungan ribu, seperti mahasiswa dari Malaysia,” ujar Herru sebagaimana ditirukan Enjay Diana, juru bicara Kedutaan Indonesia di Moskow, Minggu (14/10/2012).

Selain Herru, beberapa mahasiswa yang telah tiba di antaranya Gading Ahmad Mikail (Alumni SMAN Titian Teras, Angkatan 16), Henri Enrico Tobing dan Faizal Fahreza yang juga studi di Astrakhan, Raja Agung Hasudungan dan Harmen di Krasnodar, Zha Zha Amahoru, Novalia Idayanti di Stanislaus Bwarlele dan Rizky Iskandar di Moskow, serta Rakhman Rifan Hidayatullah di Lipetsk.

Sebelumnya 8 mahasiswa baru Indonesia tiba di Moskow. Dalam waktu dekat dua orang lagi akan datang. Kedatangan mereka difasilitasi KBRI Moskow dan Persatuan Mahasiswa Indonesia di Rusia (PERMIRA).

Ketua PERMIRA Farohaji Kurniawan, mahasiswa Universitas Negeri Tula dari luar Moskow secara khusus datang ke Moskow untuk bertemu dengan para mahasiswa baru tersebut. “Mereka terlihat sangat bersemangat saat tiba di Rusia,” kata Farohaji.

Saat ini, jumlah mahasiswa Indonesia di Rusia sekitar 130 orang. Sebagian di antaranya merupakan penerima beasiswa dari pemerintah Rusia. Mereka belajar di berbagai kota, seperti Moskow, St. Petersburg, Rostov on Don, Kazan, Yekaterinburg, Tomsk, Krasnodar, Irkutsk dan Ufa. Jurusan yang dipilih antara lain Bahasa dan Sastra Rusia, Ekonomi, Hukum, Kedokteran, Teknik, Jurnalistik, Minyak dan Gas, dan ilmu-ilmu eksakta.

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Moskow Moenir Ari Soenanda mengatakan selain studi, mahasiswa-mahasiswa Indonesia ini juga menjadi duta bangsa. Diharapkan mereka dapat membawa nama baik bangsa dan memperkenalkan Indonesia ke Rusia.

(try/nvt) Detik.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: