Oleh: hanstt | Desember 24, 2011

Seminar Interaktif Coaching


Dalam rangka meningkatkan kompetensi Guru dan Kepala Sekolah SMA/SMK RSBI Se-Indonesia, PPPPTK Bahasa mengadakan kegiatan Seminar Interaktif Coaching yang dilaksanakan tanggal 21 – 23 Desember 2011 di P4TK Bisnis dan Pariwisata Sawangan Depok. Kegiatan ini dirasakan sangat besar manfaatnya bagi guru dan kepala sekolah. Semua materi yang disajikan memberikan pencerahan terhadap semua persoalan dan permasalahan yang terjadi dalam keseharian kita di sekolah.

Pada kenyataannya dalam keseharian kita di sekolah, selalu mengalami masa-masa sulit atau lebih tepatnya masa pasang surut dalam pengelolaan pendidikan. Apalagi sekarang lebih menitikberatkan pada pengajaran, bukan pada proses pendidikan. Pada prinsipnya pendidikan berbeda dengan pengajaran. Pengajaran lebih fokus hanya kepada bagaimana guru dapat mentransfer sebanyak-banyaknya ilmu kepada siswa, tanpa mempedulikan asfek-asfek yang lain, misalnya akhlak, perilaku siswa, serta perkembangan kematangan emosi siswa. Sedangkan pendidikan menggabungkan kedua kondisi di atas. Maka setelah melalui proses pendidikan yang baik, diharapkan peserta didik (siswa) mampu menjadi pribadi yang utuh.

Setelah mengikuti kegiatan ini, ada beberapa hal yang dapat dengan nyata dirasakan, bagaimana kita mampu memberi bantuan, masukan kepada rekan kerja untuk bangkit, menyelesaikan masalah dalam kseharian (dalam pembelajaran), sekalipun suatu waktu kita sendiri sebagai Coach juga mengalami masalah, maka kita juga dapat dengan mudah mampu mencarikan solusi atas permasalahan yang kita alami. Pengalaman sebagai Coach dan Coachee telah memberi inspirasi baru kepada saya (admin, red) untuk dapat berbuat lebih banyak dalam proses pendidikan. Bagaimana kita menempatkan siswa sebagai orang teman, partner dalam bekerja. Tidak sebaliknya menempatkan siswa selalu sebagai orang yang dipersalahkan, tanpa kita juga mampu memberikan solusi atas permasalahan itu.

Satu hal yang sangat berkesan, sebagai pribadi adalah menjadi pengalaman yang sangat berharga bisa berkumpul bersama-sama dengan Kepala Sekolah yang hebat-hebat dari seluruh enjuru negeri ini. Dan mereka dengan senang hati berbagi ilmunya kepada kita-kita yang masih muda dengan tidak bermaksud menggurui. Hebat dan Funtastic, itulah kata-kata yang bisa saya sampaikan selama mengikuti kegiatan ini. Semoga saja ditahun yang akan datang bisa bersama-sama kembali, baik itu di kegiatan bersama di P4TK Bahasa, atau nantinya bergabung bersama-sama di Region 2 Sumbagsel (Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung).

Jika boleh mengutip kata-kata Mahatma Gandhi: Kebahagiaan adalah apa yang kita pikirkan, yang kita ucapkan, yang kita lakukan adalah sebuah “HARMONI”. Semoga ini kita kita wujudkan, agar pendidikan di negeri ini menemukan jati dirinya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: