Oleh: hanstt | Agustus 10, 2010

Kilas balik OSN ke-9 Medan 2010


Setelah menempuh perjalanan panjang, dari Jambi – Batam – Medan. Akhirnya pesawat kontingen OSN Provinsi Jambi akhirnya mendarat dengan selamat di Bandara Polonia Medan. Dengan disambut oleh LO dari panitia lokal, semua peserta diangkut dengan BUS menuju ke Hotel masing-masing, sesuai dengan yang telah di tetapkan oleh Panitia Pusat dan Lokal.

Semua kontingen OSN SMA, selesai diantar dengan selamat. Dan terakhir giliran pendamping, yang diantar ke tempat penginapan. Walau agak jauh dari pusat kota, tapi cukuplah untuk menghilangkan kepenatan. Semua pendamping beristirahat sementara di P4TK Teknologi dan Kejuruan di kawasan Helvetia Medan. Jl. Kapten Muslim.

Pada hari kedua (Senin, red), semua guru pendamping berangkat dengan menggunakan kendaraan khusus Becak Motor (BenTor). Ternyata seru juga, saya dengan pak Dlomiri, menggunakan satu becak, dan kita terkagum-kagum dengan Abang sopir. Dengan lihainya, abang sopir becak, berhasil dengan baik keluar dari kerumunan macet  dan antrian panjang. Walau kadang tidak jarang harus melanggar rambu lalulintas. Dan ini membuat saya dan pak Dlomiri, sedikit khawatir, bahkan lebih pada ketakutan, jika terjadi sesuatu dengan kita dan pak abang sopir. Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Akhirnya kita sampai dengan selamat di lokasi Upacara Pembukaan OSN ke-9 Medan 2010.

Upacara pembukaan dan Penutupan, dilaksanakan dan dipusatkan di Pusat kota Medan, lebih tepatnya di Lapangan merdeka Medan. Tapi sayang, kita tidak berhasil masuk ke ruang pembukaan. Hal ini karena kita tidak memiliki ID Card. Sehingga kita hanya bias melihat dari luar, sembari sesekali mencuri-curi kesempatan mengambil gambar dari pintu masuk ke ruangan pembukaan.

Tidak mengapa, yang penting niat kita untuk dapat mengabadikan semua moment pembukaan, tercapai. Walau gambar yang dihasilkan tidak bagitu bagus. Sembari kita menunggu kegiatan pembukaan selesai, sejenak semua tim Pembina, bergerak dan bergerilya di sekitar Lapangan Merdeka Medan, mencari buku-buku murah. (yang penting tidak murahan).

Setelah kegiatan pembukaan selesai, kita kembali ke penginapan, untuk selanjutnya bersiap-siap menuju ke penginapan yang baru di Hotel Nidya Nugraha Medan. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar. Dan semua Pembina OSN Jambi sampai dengan selamat di Penginapan Hotel NN. Ternyata kita masih bisas mendaptkan penginapan yang murah meriah. Yang penting kebersamaan tetap terjalin antar sesama Pembina OSN.

Pada hari ketiga (Selasa, 3 Agustus 2010) penulis bersama tim Pembina Olimpiade Biologi meluncur ke lokasi OSN Biologi di SMA Harapan 3 Deli, ternyata berada jauh du luar kota Medan. Sambil sesekali melihat persiapan siswa bimbingan dari Jambi, khususnya dari SMA Titian Teras Jambi. Semua berjalan dengan baik. Sedangkan cabang Kimia mengambil tempat di SMA Sutomo1 Medan. Cabang Astronomi mengambil tempat di kampus USU Medan di Padang Bulan. Hanya saja, cabang Astronomi, paginya masih kegiatan pelatihan dan pembekalan menggunakan alat praktikum Astronomi. Baru malamnya, jam 19.00 – 24.00 siswa Astronomi melakukan kegiatan Ujian Praktikum. Untuk cabang Fisika mengambil lokasi di SMAN 1 Medan Cabang Geosains/Kebumian mengambil lokasi di SMAN 2 Medan. Cabang Ekonomi di Fak. Ekonomi USU. Cabang Komputer mengambil lokasi di SMA Syafatul Islamiyah,

Walau tahun ini, siswa binaan dari SMA Titian Teras masih belum berhasil, tetapi secara umum, Kontingan OSN tingkat SMA Provinsi Jambi berhasil membawa pulang 1 medali emas, dan 3 medali perunggu. Medali emas diraih oleh Yosua Jonathan sekaligus berhasil meraih predikat Absolut Winner. Medali perunggu masing-masing dari cabang Kimia atas nama Devina Jonathan, dari Komputer atas nama Febri Antonius, dan Daniel Agusta. Secara umum untuk semua tingkatan, kontingen Provinsi Jambi memperoleh 1 emas, 2 Perak, dan 5 Perunggu. Dan berada pada urutan ke-11 dari 33 provinsi.

Sehari sebelum kegiatan penutupan berlangsung, semua peserta OSN di ajak jalan-jalan menikmati indahnya Pantai Cermin dan Theme Park di kawasan Pantai Cermin. Sedangkan Tim Pembina OSN jambi berkesempatan menikmati indahnya pemandangan kawasan danau Toba, dan tak lupa juga berkunjung ke Pulau Samosir. Ternyata keindahannya benar-benar nyata. Tidak menyesal kita menghabiskan waktu lama di kawasan Danau Toba. Sembari menikmati indahnya Danau Toba, penulis bersama rekan-rekan, juga tak lupa mencari pernak pernik indah Toba.

Sebelum Upacara penutupan dilaksanakan, penulis menyempatkan diri untuk Shalat Jum’at di Masjid Raya Medan. Kekaguman penulis tak dapat diungkapkan dengan kata-kata, kecuali sembari bersyukur, ternyata ada banyak kekayaan di nusantara ini, Masjid Raya Kota Medan yang berusia ratusan tahun masih bisa berdiri kokoh, dengan menampung sangat banyak jamaah, apalagi pada kegiatan-kegiatan penting. Sementara di sekitaran Masjid, sudah berdiri tenda-tenda dalam rangka Ramadhan Fair. Setelah dari kegiatan Shalat Jum’at, penulis menyempatkan berkunjung ke Istana Maimun. Lagi-lagi penulis berdecak kagum, melihat peninggalan masa lalu, yang masih terlihat dengan megahnya berdiri ditengah-tengah himpitan gedung-gednug mewah. Semoga kepedulian kita semua mampu mempertahankan peninggalan masa lalu, untuk dapt dinikmati oleh generasi masa datang.

Setelah kegiatan penutupan selesai, terbersit  di wajah para Pembina OSN Jambi, apa yang harus dilakukan kedepan. Paling tidak apa yang segera dilakukan di sekolah masing-masing dalam rangka mempersiapkan siswa terbaik di sekolah masing-masing, untuk kembali berlaga di ajang bergengsi OSN 2011 di Kota Manado.

Semoga setiap niat dan usaha yang dilakukan oleh semua pihak, mempau memberikan yang terbaik, baik bagi masyarakat Jambi khususnya, terutama masyarakat Pendidikan Indonesia, demi kejayaan Pendidikan Indonesia di mata Dunia. Teruslah berjuang, demi harga diri bangsa. Jaya selalu Pendidikan Indonesia……………


Responses

  1. semangat terus untuk Titian Teras…
    Biar belum berhasil, yang penting sudah maksimal..

  2. i Love OSN!!

    Love, love and love it…….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: