Oleh: hanstt | April 27, 2010

Pelatihan Guru Fisika SMA se-Propinsi Jambi


Sebagai tindak lanjut dari kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru SMA tahun 2009, maka pada dilakukan kegiatan lanjutan untuk mengevaluasi keterlaksanaan hasil Pelatihan (On Servis) ke semua sekolah yang telah mengirimkan gurunya pada kegiatan pelatihan tersebut. Selanjutnya dilakukan evaluasi program.

Dari hasil evaluasi program, maka pada tahun 2010, tepatnya tanggal 26 April – 30 April 2010 (Gelombang I) dan tanggal 03 Mei – 07 Mei 2010 (gelombang II) diadakan kembali Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Fisika SMA. Jika pada tahun sebelumnya, jumlah sekolah peserta yang mengikuti kegiatan hanya 32 sekolah, maka untuk tahun 2010 jumlah sekolah yang mengikuti pelatihan adalah 88 sekolah, atau diikuti oleh 8 sekolah setiap kabupaten/kota.

Sesuai dengan pengarahan yang disampaikan oleh Kabid. MPTK, bahwa esensi dari kegiatan pelatihan ini adalah, bagaimana memberikan kesempatan kepada guru (sebagai Agent of Change) dalam dunia pendidikan, dapat terus meng-Up Grade Kemampuannya, baik kemampuan akademis, maupun kemampuan pendukung lainnya yang sangat penting dalam mengembangkan diri. Seperti kemampuan ber-ICT dalam pembelajaran, kemampuan mengakses informasi melalui internet, dan kedepan juga harus memiliki kemampuan berbahasa Ingrris. Sehingga guru benar-benar dapat mengoptimalkan semua akses informasi dan bahan pembelajaran kepada siswa di sekolah.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jambi, melalui Kabid MPTK, mengharapkan semua peserta dapat memaksimalkan kesempatan pelatihan ini, sehingga dapat di implementasikan secara nyata di sekolah masing-masing. Karena setelah kegiatan ini dilaksanakan, maka Dinas Pendidikan Propinsi melalui MPTK, akan melakukan evaluasi ketercapaian hasil pelatihan di sekolah (On Servis).

Jika dalam kegiatan On Servis nantinya ditemukan ada sekolah-sekolah yang setengah hati dalam melaksanakan pengembangan pembelajaran di sekolah, maka pihak penyelenggara pelatihan dalam hal ini Dinas Pendidikan Propinsi, akan mengevaluasi sekolah tersebut untuk keikutsertaannya dalam pelatihan-pelatihan.

Besar harapan kita semua, peserta, Panitia, dan semua pihak yang mendukung Kegiatan pelatihan ini, agar kegiatan pelatihan, benar-benar dapat dirasakan oleh peserta didik di sekolah nantinya.

Adapun Tim Instruktur yang mengampu materi pelatihan adalah :

1). Dr. Muhammad Yani, M.Sc.Ed. ( P4TK IPA Bandung)

2). Nurhamid Hadi ( Kepala SMA 11 Kota Jambi, Fas Nasional KTSP)

3). Burhani ( SMA Titian Teras Jambi, Fas Nas Pengembangan BABU Berbasis ICT)

4). Syamsirwan (Pengawas Fisika, Instruktur Pengelolaan Alat-alat Labor Fisika)

5). Ma’aruf ( SMAN 8 Kota Jambi, Instruktur Pengelolaan Alat Labor Fisika)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: