Oleh: hanstt | September 17, 2012

Konferensi Nasional IPA dan Pendidikan IPA


Setelah mengikuti kegiatan pendampingan siswa OSN Astronomi Provinsi Jambi yang terdiri dari dua siswa SMAN Titian Teras, ada sangat banyak pengalaman yang dapat diambil, karena kegagalan yang lebih disebabkan karena kendala non teknis (dalam hal ini bukan kemampuan akademik siswa dalam menguasai materi Astronomi), tetapi lebih karena kendala sistem kerja Kalkulator pada PC yang digunakan. Dan ini menjadi titik awal melakukan penataan dan berkolaborasi dengan tim IT sekolah.

Sehari setelah menginjakkan kaki kembali di Jambi (SMAN Titian Teras) saya kembali harus melanjutkan perjuangan ke Bandung, dalam rangka Konferensi Nasional IPA dan Pendidikan IPA. Konferensi ini nantinya diharapkan menghasilkan rekomendasi kepada pihak terkait, antara lain Kemdikbud, Puskur Balitbang Kemdikbud, BSNP, PT, Sekolah (guru, red) dalam rangka pembelajaran IPBA (Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa) di sekolah.

Ini semua pada dasarnya tanpa disadari, menjadi sangat penting, apalagi pemerintah berencana mengubah zona waktu WIB, WITA, WIT, menjadi satu zona waktu (menyesuaikan dengan zona waktu WITA ( GMT + 8). Sehingga menjadi sebuah diskursus yang tiada hentinya, dan ini semua memerlukan energi dan sinergi yang sangat besar agar siswa disekolah yang menjadi “agent of change” yang nantinya mampu menjelaskan kepada khalayak ramai tentang apa yang mereka ketahui dan mereka pelajari.

Beberapa hari kedepan, sangat besar harapan dari semua peserta dapat menghasilkan rekomendasi yang bisa di aplikasikan di sekolah, serta kepada pihak terkait nantinya mampu memberikan pencerahan, sehingga tidak menjadi diskursus baru yang menghabiskan energi, dan tidak menemukan titik persamaan,.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: